Senin, 25 Maret 2013

Perbedaan jantan dan betina

Poksay jambul termasuk burung monomorfik atau memiliki kemiripan bentuk antara burung jantan dan betina. Namun, berdasarkan pengalaman sejumlah penangkar, poksay jambul betina memiliki jambul yang lebih pendek dan lebih kecil daripada burung jantan.

Makanan

Makanan utama poksay jambul hampir sama dengan burung pengicau lainnya, yaitu buah-buahan dan serangga. Di alam bebas, mereka juga sering memburu kadal kecil.

Tips penangkaran

Untuk menangkar poksay jambul diperlukan kandang penangkaran dengan ukuran minimal 2 m x 1 m x 2m. Lebih baik lagi jika kandang penangkaran berukuran besar, misalnya 4 m x 2 m x 4m. Di dalam kandang bisa ditanami / diletakkan pohon dengan ranting yang rimbun seperti pohon beringin, dan sebagainya.
Tempat sarang bisa menggunakan tempat sarang yang terbuat dari rotan. Tempatkan beberapa wadah sarang di beberapa lokasi di dalam kandang, misalnya di ranting pohon, digantung di tembok, dan ditaruh di tempat terbuka. Tujuannya agar burung bisa memilih sendiri sarang yang ingin igunakannya sebagai tempat bertelur.
Setelah burung memilih salah satu tempat sarang, maka tempat sarang yang lainnya bisa disingkirkan. Sediakan beberapa bahan untuk membuat sarang seperti daun bambu, cemara, serat nanas, ijuk, ranting kering, dan bahan lainnya yang diperlukan. Bahan-bahan ini bisa dibeli di toko pakan dan perlengkapan burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar