Rabu, 27 Maret 2013

Burung Sikatan Biru Muda (Pale-blue Flycatcher) atau Burung Selendang Biru adalah burung kecil petarung yang kurang diminati oleh penghobby burung kicauuan. Kurangnya minat memelihara burung ini mungkin dikarenakan jika dipelihara Sikatan Biru Muda hanya sedikit berkicau (ngriwik) dan kurang atraktif jika dilombakan. Pada kenyataannya berdasarkan pengalaman saya memelihara Burung Selendang Biru, jika kita pelihara dengan tepat burung ini akan cepat berbunyi nyaring tapi ngeban (berulang) suaranya sama. 
   Sikatan Biru Muda berukuran sedang sekitar 16 cm dari paruh sampai ekor dan berwarna biru untuk jantan sedangkan betina berwarna coklat pucat. Burung Selendang Biru hidup di hutan dataran rendah, dengan makanan utama serangga kecil seperti halnya jenis sikatan lain. Di alam sering kita jumpai Burung Sikatan Biru terbang rendah di antara semak belukar untuk mencari makanan dan tidak takut dengan keberadaan manusia.

       Di pasar burung kadang kala kita jumpai burung sejenis Sikatan Biru Muda yang hampir mirip dari segi warna maupun bentuknya, yaitu Sikatan Ninon. Perbedaannya yaitu Sikatan Ninon memiliki lingkar mata yang berwarna hitam pekat sedangkan Sikatan Biru Muda tidak, jadi jangan sampai salah pilih dalam membeli. 
   Ha-nya Sekedar Berkicau di antara Batas waktu yang Terhenti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar